Proposal

  1. I. PROFIL PESANTREN
  2. 1. LANDASAN NORMATIF
    1. “…….. Kamu sekalian adalah umat terbaik diturunkan di tengah umat manusia untuk memerintah kebaikan dan mencegah kemunkaran. “
    2. “…….. dan hendaknya ada diantara kamu sekalian sekelompok umat yang mengajak kepada kebajikan dan mencegah kemunkaran.”
    3. “…….. dan hendaknya merasa khawatir orang yang kalau meningggalkan keturunan yang lemah mereka takut kapada keturunannya. Maka bertaqwalah kepada Alloh Swt. dan melaksanakan pendidikan yang benar.”
    4. “Wahai orang yang beriman janganlah sekalian  mengkhianati Alloh, rosul dan amanah-amanah yang dipercayakan Alloh kepadamu.”
  1. 2. SEJARAH PESANTREN

Pesantren Miftahul Huda al-Faqih didirikan tahun 1999 diilhami dari petunjuk al-marhum Uwa Ajengan KH Khoer Affandy (Pendiri pesantren Miftahul Huda Manonjaya) dan karena banyaknya calon santri yang ingin belajar di Pesantren dan di sekolah umum.

Adalah suatu kesadaran masyarakat yang perlu diperhatikan dalam bidang pendidikan agama sekaligus bidang pendidikan sosial yang sangat fundamental, juga anak-anak usia SD dan SMP dilingkungan kampung ini sangat memerlukan pendidikan dasar keagamaan. Dari amino masyarakat tersebut kami mendirikan Pesantren Miftahul Huda al-Faqih diatas lahan 100 bata atau 1400 m2. Pertama kali kami mendirikan sebuah bangunan ukuran 20 x 8 m2 dua tingkat, tingkat pertama 3 lokal ruang belajar, tingkat kedua 6 lokal untuk ruang kamar santri.

Alhamdulillah setahun kemudian diresmikan oleh Bapak Bupati Tasikmalaya  baserta para Dewan Kyai pesantren Miftahul Huda Manonjaya dengan jumlah santri mukimin 48 orang, santri diniyyah atau santri mustaotin yaitu anak-anak SD, SLTP dan SLTA yang hanya belajar sore dan malam hari saja (masyarakat dari lingkungan Pesantren Miftahul Huda al-Faqih) sebanyak 150 orang dan TK/TPA 38 Orang.

Pada saat ini santri mukim (tetap) berjumlah 487 orang terdiri dari santri takhossus (salafy) 67 orang, santri yang sekolah (kholafy) 375 orang  dan santri diniyyah/mustaotin berjumlah 45 orang dengan menempati ruang madrasah 7 lokal dan 1 ruangan mesjid dan aula.

Melihat perkembangan jumlah santri yang terus meningkat terutama santri kholafy yang sekolah umum disekitar daerah Manonjaya dari berbagai tingkatan dan amino masyarakat maka kami perlu menambah fasilitas dan sarana pendukung lainnya.

  1. 3. TUJUAN, VISI DAN MISI

Tujuan dan misi menyelenggarakan pesantren Miftahul Huda al-Faqih adalah membantu masyarakat dan pemerintah dalam melaksanakan ajaran Islam khususnya dalam bidang da’wah, pendidikan social kemasyarakatan dalam upaya menuju masyarakat dan Negara yang makmur atau dengan kata lain baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.

  1. 4. KONSEP MADRASAH

Madrasah atau Pesantren Miftahul Huda al-Faqih terbagi 4 tingkat :

  1. TK/TPA diperuntukan bagi anak-anak persiapan masuk sekolah dasar
  2. Madrasah Diniyyah diperuntukkan bagi anak usia Sekolah Dasar dan waktu belajarnya sore hari.
  3. Ma’had Ibtida sederajat dengan SLTP masa belajarnya 3 tahun atau 6 semester.
  4. Ma’had Tsanawy sederajat dengan SLTA masa belajarnya 3 tahun atau 6 semester.

Konsep madrasah ini dikembangkan agar para santri dapat dikelola dengan baik, dengan tujuan utama menjadi ‘Ulamaul ‘Amilin, Imamal Muttaqin, dan pribadi Muttaqin.

II. BIDANG PENDIDIKAN

  1. A. VISI, MISI DAN STRATEGI DASAR PENDIDIKAN
  2. 1. VISI

Kondisi yang ingin diwujudkan kedepannya  adalah pusat pendidikan keluarga yang memberi kontribusi terhadap perkembangan akhlak dan kemampuan sehingga menjadi kebanggan umat yang islami serta dihargai dan diperhitungkan oleh masyarakat luas.

  1. 2. MISI

Misi yang dibawa oleh Pesantren Miftahul Huda al-Faqih kedepannya adalah :

  1. Pusat pendidikan anak dan remaja melalui penyelenggaraan TK/TPA, Diniyyah, dan jenjang pendidikan Pesantren yang bersumberkan kitab-kitab kuning.
  2. Pusat pembinaan keluarga menuju keluarga sakinah.
  3. Membangun komunitas masyarakat muslim dilingkungan Pesantren yang melaksanakan ajaran Islam secara cerdas bertahap, berencana, dan istiqomah.
  4. Membangun insan yang penuh kreatifitas dengan kesenian terutama dan yang lainnya.
  1. 3. STRATEGI DASAR
    1. Senantiasa memelihara dan memanfaatkan kondisi yang telah dicapai hari ini secara maksimum sebagai modal mewujudkan hari esok yang lebih baik melalui perencanaan yang akurat, pelaksanaan yang tepat dan pengawasan yang ketat serta pendanaan yang hemat.
    2. Senantiasa memelihara dan mengembangkan kebersamaan serta persaudaraan (ukhuwwah) diantara keluarga Pesantren Miftahul Huda al-Faqih.
    3. Senantias meningkatkan SDM para fungsional dalam bidang akhlak, ketaqwaan, profesionalisme dan kesejahteraan.
    4. Senantiasa mempertajam konsep dan sistem pendidikan yang berorientasi kepada zaman dengan basis dan bendera system pendidikan Nabi Muhammmad Saw.
    5. Mengembangkan kerja sama dengan semua pihak yang mempunyai niat, komitmen dan misi yang sama dengan konsep maju bersama atau win-win solution terutama dalam pengadaan sarana dan prasarana.
  1. B. ARAH PENDIDIKAN
    1. 1. KURIKULUM

Kurikulum yang dipakai oleh Pesantren Miftahul Huda al-Faqih adalah kurikulum umumnya TK/TPA, Diniyyah dan pesantren-pesantren yang mempelajari kitab-kitab salafy ditambah beberapa pelajaran extrakulikuler sebagai penyempurna pendididkan seperti Da’wah Islamiyyah, Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Bahtsul Kutub, Bimbingan Kaligrafhy Bimbingan Sholawat dan Bimbingan Nasyid serta Marawis meskipun dengan sarana yang sangat sederhana.

  1. 2. TENAGA KEPENDIDIKAN

Yang dimaksud dengan tenaga kependidikan disini adalah staf Pengurus Pesantren, Guru dan Karyawan yang mendukung terselenggaranya proses belajar mengajar yang diambil melalui proses recruitment tertentu sesuiai dengan acceptable, capability dan accountability.

  1. III. PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA
    1. 1. SARANA YANG TELAH DIMILIKI

Alhamdulillah atas kerjasama orangtua/wali santri dan simpatisan yang senantiasa mendukung pembangunan Pesantren Miftahul Huda al-Faqih sehingga sampai saat ini kami mempunyai sarana bangunan yang sangat sederhana diantaranya :

–          Mesjid 3 lantai yang masih dalam proses pembangunan

–          Ruangan Aula

–          Madrasah ruang belajar putra

–          Kamar/asrama santri

–          Sarana transportasi

–          Lahan pertanian dan perkebunan

–          Dll.

  1. 2. RENCANA PEMBANGUNAN

Mengingat jumlah santri Miftahul Huda al-Faqih yang masuk kian semakin bertambah pesat, maka tuntutan pembangunan pun semakin perlu diperhatikan. Terutama menyangkut sarana yang sangat penting dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yaitu ruangan madrasah. Madrasah ini berfungsi utama sebagai ruangan kelas para santri saat dilaksanakannya KBM.

Pembangunan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini adalah pembangunan madrasah putri 6 lokal berukuran 5 x 30 m2 dengan dana yang dibutuhkan + Rp. 150.000.000,00,- (seratus lima puluh juta rupiah).

  1. 3. HAMBATAN DAN KEBUTUHAN

Untuk terlaksananya suatu pembangunan pasti tidak akan terlepas dari masalah pembiayaan. Untuk sarana yang dianggap masih bisa menggunakan peralatan ataupun biaya yang cukup sederhana mungkin dapat kami atasi, namun untuk yang sifatnya membutuhkan pembiayaan yang cukup besar kami masih mengalami kesulitan, terutama untuk pembangunan madrasah putri ini.

Demi tercapainya tujuan kami diatas, maka kami mengajak Bapak/ibu simpatisan untuk ikut andil dalam pembangunan ini sesuai dengan kapasitas kemampuan dzohir batin masing-masing.

IV PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat sebagai gambaran dan pertimbangan terhadap pembangunan Pesantren Miftahul Huda al-Faqih semoga bermanfaat dan semoga seluruh rencana serta segala aktifitas yang sedang dan akan dilakukan senantiasa ada dalam ridho Alloh Swt, serta mendapat limpahan taufik dan hidayah-Nya, amiin.

Pimpinan PesantrenKH Ahmad Syafi’i Manonjaya, Juli  2010

Sekretaris

Yayat Manarul H

Mengetahui,

Pendiri Pesantren

KH Enjang Sukanda/Hj Dali Mutiara Affandy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s