‘Aqiedah Islamiyyah

بسم الله الرحمن الرحيم

I. Muqoddimah

Sebelum kita mulai apapun yang kita rencanakan atau akan dikerjakan sepantasnya bahkan kita harus bermula dengan membacakan بسم الله الرحمن الرحيم dengan dasar :

1. Melaksanakan perintah Alloh SWT sebagaimana diperintahkan kepada Junjunan kita Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril pada wahyu pertamanya : اقرأ باسم ربك الذي خلق

Artinya : Bacalah oleh mu ( Muhammad ) dengan menyebut Nama Tuhanmu yang telah menciptakan segala makhluknya.

Dari ayat tadi bisa kita ambil pelajaran bahwa sebelum melakukan apapun Beliau Kangjeng Nabi diperintah untuk menyebut nama Alloh dan kitapun mengikutinya.

2. Bercontoh pada Kalamulloh bahwa Al-qur’an diawali dengan Kalimat بسم الله الرحمن الرحيم

3. Mengamalkan Hadits Rosululloh SAW :

كل امر ذي بال لايبدأ فيه ببسم الله الرحمن الرحيم فهو اقطع او اجذم اوابتر

Artinya : Setiap urusan yang baik menurut Syara’ yang tidak dimulai dengan بسم الله الرحمن الرحيم itu tidak sempurna seperti hewan yang patah sebagian angaotanya

II. Bahatsan بسم الله الرحمن الرحيم

Setiap orang yang akan membahas suatu Fan (jurusan ilmu ) maka penting sekali membahas بسم الله الرحمن الرحيم dengan ilmu yang akan dibahas. Karena kita akan membahas ‘Aqidah maka bahatsan بسم الله الرحمن الرحيم pun dibahas sesuai dengan ‘Aqidah.

Kalimat بسم الله الرحمن الرحيم  bukan termasuk Kalam menurut Ilmu Nahwu karena tidak tersusun dari Lafadz, Murokkab, Mufid dan Wadlo kecuali apabila merupakan lanjutan dari Kalam yang tersimpan yang menjadi tempat bergantungnya haraf jar ب yang disebut dengan Ta’alluq atau percantelan.

Arti dari بسم الله الرحمن الرحيم : Dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pengasih Maha Penyayang tidak bisa difahami kalau tanpa aa keterkaitan dengan sebelumnya. Maka arti seharusnya adalah Saya memulai Pekerjaan ini dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pengasih Maha Penyayang (Menyimpan kata اَبتَدِآُ بسم الله الرحمن الرحيم )

Ma’na haraf Jar Ba bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s